Multimedia behind the scene

Multimedia adalah segala sesuatu yang bisa kita dengar atau liat, misalanya teks, kotak, gambar, musik, sound, CD, vedeo, DVD, record, film, dan lain2.
Format Multimedia terdiri dari berbagai macam format yang berbeda-beda. Di internet kita bisa menemukan berbagai macam element multimedia dalam halaman web, dan sekarang web browser didukung oleh berbagai macam format multimedia.
Dalam tulisan ini kita bisa sama2 belajar tentang perbedaan format multimedia (sound dan movie) dan bagaimana kita mengaplikasikannya pada halaman web, khususnya yang support pada web browser.

Internet browser yang pertama hanya support dengan format teks saja, bahkan format teks itu sendiri terbatas dan menggunakan font yang monoton, warna yang monoton, dan tidak banyak kreativitas yang bisa kita diliat.
Kemudian mulailah bermunculan web browser yang support dengan format warna, font dan teks style, dan media gambar juga sudah bisa ditambahkan.

Pendukung untuk suara, animasi dan video telah dikembangkan dengan latarbelakang yang berbeda oleh para pengembang.

Multimedia Formats
Elemen multimedia (seperti sound dan video) yang dikenal dengan media files.
Cara yang paling umum untuk meliat jenis media adalah meliat file ektensinya.
contoh kasus:
ketika sebuah web browser ditandai dengan file ekstensi *.htm atau *.html, kita akan menganggap file tersebut adalah sebuah halaman HTML. Ekstensi *.xml file dinyatakan dengan XML file, dan ekstensi *.css dinyatakan sebagai style sheet.

Format gambar ditandai dengan ektensi seperti *.gif dan *.jpg.
Elemen multimendia juga memiliki format file tersendiri dengan ekstensi yang berbeda.

MIDI Format
MIDI (Musical Instrument Digital Interface) berisi keterangan format musik device, seperti synthesizer dan PC sound card.
Format MIDI pertamakali ditemukan pada tahun 1982 oleh pengembang musik industri. Format MIDI sangat fleksible sehingga memungkinkan untuk digunakan pada semua jenis aplikasi yang sangat simple sampai aplikasi yang rumit.
FIle MIDI tidak mengandung format sound, tetapi terdiri dari “digital musical instructions” (note musik) yang bisa dideteksi oleh PC sound card.
contoh file MIDI :http://www.w3schools.com/media/beatles.mid

Format MIDI support dengan berbagai macam software dan File MIDI support dengan berbagai internet browsers yang digunakan saat ini.
Format MIDI memiliki ekstensi : *.mid atau *.midi

RealAudio Format
RealAudio format dibuat untuk internet oleh Real Media. Format RealAudio juga support dengan video.
Format RealAudio merupakan low bandwidths. karena merupakan low bandwidth, kualitas tidak begitu bagus.
Ekstensi format RealAudio adalah *.rm atau *.ram.

AU Format
AU format support oleh berbagai macam software system
Ekstensi file format AU adalah *.au

AIFF Format
AIFF (Audio Interchange File Format) di buat oleh Apple.
File AIFF bukan merupakan cross-platform dan formatnya tidak support dengan semua web browser.
Ekstensi file format AIFF *.aif atau *.aiff.

SND Format
SND (Sound) di buat oleh Apple.
File AIFF bukan meru cross-platform dan formatnya tidak support dengan semua web browser.
Ekstensi file format SND *.snd.

WAVE Format
The WAVE (waveform) dibuat oleh IBM and Microsoft.
Format WAVE support dengan semua komputer yang menggunakan windows dan semua web browser
Ekstensi file format WAVE *.wav.

MP3 Format (MPEG)
File MP3, sebenarnya file MPEG. tetapi format MPEG hanya dibuat untuk video oleh Moving Pictures Experts Group. FIle MP3 hanya format sound pada MPEG vidio format.
MP3 adalah salah satu format sound yang paling populer. Mp3 merupakan encoding system combines dengan kualitas compressien yang bagus (small files). kita semua pasti sudah familiar dengan format MP3 tersebut.
format MP3 memiliki ekstensi yaitu : *.mp3, atau *.mpga (untuk MPG audio)

Jd format apa yang paling baik untuk kita gunakan?
Format WAVE adalah salah satu format paling populer yang digunakan di internet, dan support dengan semua web browser. Jika kita ingin merekan suara (musik atau suara) yang bisa dibuka oleh semua orang kita seharusnya menggunakan Format WAVE.
Format MP3 hanya generasi baru dan pendatang baru di dunia music. Jika website Kita memiliki feature Musik sebagaiknya kita menggunakan format MP3.

AVI Format
AVI (Audio Video Interleave) dibuat oleh Microsoft.
Format AVI support sendan semua komputer yang menggunakan windows, dan semua popular web browser. AVI adalah format yang paling sering kita temukan di internet, tapi tidak selalu possible untuk dijalankan di komputer windows.
Format AVI memiliki extension *.avi.

Windows Media Format
Windows Media format dibuat by Microsoft.
Windows Media adalah format yang umum di internet, tapi Windows Media Movies tidak bisa dijalankan pada komputer Non-windows tampa extra (free) component yang telah terinstall. Beberapa windows media movies tidak bisa dijalankan pada semua komputer non-windows karena “no player is available”.
Windows Media format memiliki extension *.wmv.

The MPEG Format
Format MPEG (Moving Pictures Expert Group) adalah format yang paling populer di internet. MPEG jg merupakan cross-platform, dan support dengan web browser.
MPEG format memiliki extension *.mpg atau *.mpeg.

The QuickTime Format
QuickTime format dibuat by Apple.
QuickTime adalah format yang umum di internet, tetapi QuickTime movies tidak bisa dijalankan di komputer windows tanpa extra (free) componen yang telah diinstall.
QuickTime format memiliki extension *.mov.

RealVideo Format
RealVideo format dibuat untuk penggunaan internet oleh Real Media.
format RealVideo merupakan biasa digunakan untuk on-line video, Internet TV dengan bandwidths yang rendah. karena merupakan low bandwidth, kualitasnya tidak begitu bagus
RealVideo format memiliki extension *.rm atau *.ram.

Shockwave (Flash) Format
Shockwave format dibuat oleh Macromedia.
Format Shockwave harus memiliki extra komponen untuk bisa dijalankan. komponen ini harusnya diinstall dengan latest versions pada web browser.
Shockwave format memiliki extension *.swf.

Seperti itulah gambaran umum tentang berbagai macam format multimedia yang biasa digunakan pada web browser, mungkin masih banyak lagi format lain yang belum sempat dituliskan diatas, mungkin karena masih belum banyak digunakan atau belum familiar di web browser.
Mudah-mudahan nih bisa membantu ketika kita mo belajar tentang multimedia, karena tulisan ini dibuat dengan pengetahuan yang masih terbatas dan referensi yang terbatas jg, jd masih kelihatan sangat simple dengan bahasa yang tidak terlalu bagus…..
hehehehehe……..Smiley)

silahkan beri comment untuk saran……….
ato bahan untuk materi…………..


About this entry